Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru saya dengan cara Berlangganan!

Cara Mengatasi Error: MySQL shutdown unexpectedly

Salah satu pesan error yang sering muncul di konsol XAMPP adalah “Error: MySQL Shutdown Unexpectedly”. Berikut cara mengatasi error di XAMPP tersebut

Tampilan error

XAMPP Control Panel adalah alat administrasi yang digunakan dalam paket perangkat lunak XAMPP, yang memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengontrol layanan seperti Apache web server, MySQL database server, PHP, dan lainnya. Salah satu pesan error yang sering muncul di konsol XAMPP  adalah “Error: MySQL Shutdown Unexpectedly”. Pesan ini menunjukkan bahwa server database MySQL telah berhenti bekerja tanpa peringatan, dan hal ini dapat disebabkan oleh berbagai masalah, seperti konflik port, masalah konfigurasi, atau adanya aplikasi lain yang menggunakan port yang sama. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna sebaiknya memeriksa log kesalahan MySQL dan mengambil tindakan perbaikan berdasarkan penyebabnya agar layanan MySQL dapat beroperasi normal kembali.

Untuk mengatasi hal tersebut terdapat beberapa cara yaitu

Cara Pertama Merubah Port MySQL

Berikut cara untuk merubah port MySQL di XAMPP.

  1. Buka file my.ini klik tombol menu Config pada tab menu Actions lalu klik my.ini.
     
  2. Selanjutnya, cari kode bertuliskan port=3306 dan ubah angkanya menjadi port=3307 atau ubah angka kode ke angka lainnya yang tidak digunakan oleh sistem lainnya. Untuk mencari kode port dapat dengan cara CTRL + F lalu ketikkan 3306.

  3. Setelah diubah lalu simpan dengan cara CTRL + S.

Cara Kedua Dengan Cara Repair Database di Menu Shell

Berikut cara untuk memperbaiki database di menu Shell XAMPP.

  1. Klik tombol Shell 

  2. Lalu akan muncul jendela seperti dibawah ini

  3. Lalu ketikan perintah berikut mysqld --console --skip-grant-tables --skip-external-locking setelah itu tekan ENTER pada keyboard. Maka akan muncul seperti dibawah ini.

    Lalu minimize jendela.
  4. Selanjutnya, kembali ke halaman awal XAMPP dan tekan tombol Shell kembali (seperti langkah no. 1). Ketikan perintah mysqlcheck -r --database mysql --use-frm kemudian tekan ENTER. Maka akan muncul tampilan seperti berikut.

  5. Setelah itu tutup semua jendela dan jalankan kembali MySQL di XAMPP.

Cara Ketiga Dengan Cara Merubah Folder di XAMPP

Berikut cara untuk merubah folder agar XAMPP tidak bermasalah.

  1. Masuk ke file direktori mysql yang ada di dalam folder XAMPP C:\xampp\mysql

  2. Kemudian Rename folder data menjadi data_lama.

  3. Buat folder baru dan beri nama data.

  4. Pada folder backup, copy seluruh file dan paste ke dalam folder data.

  5. Selanjutnya, copy data ibdata1 yang berada pada folder data_lama.

  6. Lalu hasil copy data ibdata1 dari folder data_lama, paste ke dalam folder data dan replace data lama dengan data ibdata1 dari folder data_lama.

  7. Lalu kembali ke folder data_lama dan copy file database Anda dan paste kembali kedalam folder data, apabila muncul notifikasi replace, klik replace file.

Dengan demikian, memahami dan mengatasi pesan kesalahan Error: MySQL Shutdown Unexpectedly dalam XAMPP Control Panel adalah langkah penting untuk menjaga kinerja dan integritas layanan database MySQL dalam pengembangan dan pengujian situs web lokal. Dengan tindakan perbaikan yang sesuai, pengguna dapat memastikan bahwa server database berjalan dengan stabil dan dapat digunakan untuk proyek web mereka dengan efisien.

20 komentar

  1. Artikel ini sangat informatif dan bermanfaat bagi mereka yang menggunakan XAMPP untuk pengembangan dan pengujian situs web lokal. Pesan kesalahan "Error: MySQL Shutdown Unexpectedly" memang seringkali muncul dalam lingkungan XAMPP, dan artikel ini memberikan solusi yang jelas untuk mengatasi masalah tersebut.

    Penjelasan langkah demi langkah yang disertakan dengan gambar membuatnya lebih mudah dipahami. Saya yakin pembaca yang menghadapi masalah ini akan merasa terbantu dengan panduan ini. Terima kasih telah membagikan informasi ini untuk membantu pengguna XAMPP menjaga kinerja layanan MySQL mereka. 👏🏼
  2. Uraian yang runut dan detil bagi mereka sudah paham dalam hal ini.
  3. mantap kak informasinya disampaikan dengan jelas, artikelnya komplit dan solutif terima kasih
  4. Udah lama ngga mainan xampp. dulu suka mainan ini buat testing website. tapi sekarang hosting udah murah, koneksi internet juga cepet, jadi lebih suka langsung di web aja. ya, kebetulan juga belum pernah ngalamin eror yang berkaitan dengan sql.
  5. wah, bagi yang tertarik dengan pemograman bakalan sangat terbantu dengan informasi ini ya, saya sendiri sangat awam dan tidak begitu paham dengan istilah istilahnya
  6. Saya pribadi belum pernah menggunakan XAMPP untuk mengembangkan dan menguji situs web lokal. Namun sudah pasti mendapat pesan error saat bekerja merupakan pengalaman tidak menyenangkan. Artikel yang disertai gambar dan penjelasan langkah demi langkah dapat lebih mudah dipahami oleh pengguna XAMPP. Terima kasih telah berbagi informasi ini.
  7. buat yang mau jadi data scientist atau data analyst, ini info yang wajib tau!

    nice post!
    1. Penjelasannya termasuk runtut. Tetapi, sepertinya saya tetap harus membaca pelan-pelan. Ya mungkin karena gak pernah mengerjakan hal seperti ini. Jadi sesuatu yang baru bagi saya
  8. Jarang-jarang ada yang mau berbagi ilmu seperti ini secara cuma-cuma lho, nice sharing kak!
  9. Mas, saya awam sekali dengan MYSQL ini. Sekalian nih mau tanya penyebab MYSQL bisa error mendadak itu kenapa, Mas? Trs apa errornya ini bisa karena jaringan ya? 🤔
  10. Saya awam bgt dalam hal ini, tp terimakasih sudah berbagi ilmunya secara cuma-cuma. Keren. 👍
  11. klo udah urusan keke kege....
    mesti pake kacamata, bata satu-persatu
    sampai detail....
    sebab begitu ada yg gak fokus
    pasti akan eror pada prakteknya....
    nice post boskuh
    salam rahayu
    wahono secret
  12. Ini yang di chanel itu bukan ya mas? Maaf masih belum paham meski sudah baca artikelnya
  13. Terima kasih telah berbagi info berfaedah ini.

    Selanjutnya, mau memberitahukan saja, kalau yang benar "mengubah". Bukan merubah. Hihiho ..jiwa editorku sedang meronta, nih..
  14. buat aku yang ga paham beginian,ini ilmu baru nih. Semoga bisa kumanfaatin saat dibutuhkan nanti.
  15. Jujur ya, mas. Ini beneran ilmu baru bagi saya. Jadi saat membaca masih belum terkonesi ke otak. Tapi terimakasih sudah mengulas ini, mgkn nanti saya butuh. Kebetulan anak saya belajar di dunia programing kayak kode kode seperti ini.
  16. Minggu kemarin bsru download mysql karena ingin belajar data analis scr otodidak lalu baru nyoba2 dikit dah pusing. Hehee. Nanti mau coba lagi. Thank you sharingnya kak.
  17. Ilmu daging nih terutama bagi programmer terima kasih kak atas artikelnya
  18. Tutorial mantep mas, kapan-kapan buatin videonya dong.
  19. wah baca ini jadi ingat masa kuliah dulu kebetulan S1 saya IT jadinya sedikit masih ingat soal mysql ini, jadi pengen belajar pemrograman lagi, pastinya cara ini bermanfaat buat teman-teman yang belajar pemrograman dan database