BLANTERVIO103

Cara Mengatasi Pesan Error "This App Has Been Blocked For Your Protection" Pada Saat Install Software

Cara Mengatasi Pesan Error "This App Has Been Blocked For Your Protection" Pada Saat Install Software
Selasa, 26 Oktober 2021

www.freepik.com/pch.vector

Pada saat Anda akan menjalankan installer sebuah software (ekstensi .exe) di PC/Laptop, ternyata terdapat notifikasi dari User Account Control  yang bertuliskan "This app has been blocked for your protection"

Pesan error

Notifikasi tersebut menandakan bahwa Anda tidak bisa menjalankan atau melakukan instalasi software tersebut. Salah satu penyebab utama muncul notifikasi ialah karena file tersebut terkena filter oleh fitur keamanan windows (windows security).

Selain notifikasi tersebut, Anda akan melihat juga sebuah keterangan yang bertuliskan "An administrator has blocked you from running this app. For more information, contact the administrator" yang bermaksud bahwa aplikasi atau installer yang Anda jalankan telah terblokir oleh administrator yang ada di windows serta Anda diminta untuk menghubungi adminstrator agar mendapatkan informasi selengkapnya.

Ketika alert/peringatan pesan error ini muncul, Anda hanya mendapatkan satu pilihan saja yaitu menutup jendela error tersebut. Meskipun Anda mencoba menjalankan installer dengan cara akses administrator (Run as administrator) maka pesan error masih akan muncul kembali.

Kenapa pesan error  itu muncul?

Penyebab utama munculnya peringatan tersebut karena OS windows mendeteksi bahwa program atau installer yang Anda jalankan terdeteksi tidak aman. Sehingga windows melakukan langkah pemblokiran yang bertujuan untuk mencegah masuknya malware, virus, dan program yang dapat merugikan Anda.

Meskipun fitur keamanan tersebut sangat baik dan memiliki tujuan untuk perlindungan perangkat PC/Laptop Anda guna terhindar dari berbagai ancaman, tetapi terkadang menjadi berlebihan atau agresif. Dimana software yang akan Anda install sebenarnya tidak memiliki ancaman tetapi teridentifikasi memiliki ancaman.

Berikut cara mengatasi pesan error tersebut

  1. Buka Local Computer Policy
    Pada program tersebut kita akan memodifikasi pengaturan untuk mengatasi permasalahan error tersebut. Caranya tekan tombol Windows+R lalu ketikkan gpedit.msc dan klik OK.



    Atau bisa juga dengan cara pilih logo windows di pojok kiri bawah layar atau tekan tombol windows lalu ketik gpedit kemudian klik program Local Computer Policy.


  2. Cari direktori Security Options
    Yaitu dengan cara klik Computer Configuration > Windows Settings > Local Policies > Security Options.


  3. Setelah itu pada akan muncul jendela pengaturan policy


    Kemudian cari pengaturan yang bertuliskan User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode lalu klik dua kali.
  4.  Disabled pengaturan
    Pada saat jendela baru muncul pilih menu Local security setting lalu centang pilihan Disabled dan OK.


    Pengaturan ini digunakan untuk menonaktifkan mode persetujuan administrator (admin approval mode) dan semua pengaturan kontrol akun pengguna (User Account Control).
  5. Setelah itu Restart PC/Laptop Anda.
Share This Article :
Feri Nugroho

Good understanding using database tools, data visualization, Spatial Analysis with Remote Sensing & GIS Software, Graphic Design, and also understand the programming language PHP and MySQL. Interest on research-based of Conservation, Climate Change, Urban Growth, and Information systems.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 5 komentar:

  1. Terima kasih kak. Kontennya sangat membantu ini. Waktu itu pernah kejadian di Laptap. Karena belum faham jadinya dibawa ke rental ulang

    BalasHapus
  2. Makasih infonya, Mas. Laptop saya kadang muncul notif itu juga. Anyway, cara biar tau software yg kita mau install aman atau enggaknya gimana ya?

    BalasHapus
  3. Wah, informasi yang berguna sekali Bang. Memang terkadang saat Teddy mau install sesuatu, akan ada error begini. Membuat kesal dan bingung.

    Alhamdulillah sekarang dapat caranya.

    BalasHapus
  4. Ini nih masalah yang sering saya hadapi. Maklum gaptek. Makasih kak

    BalasHapus
  5. sebenarnya ini mode pencegahan pertama dari virus-virus yang bisa merusak laptop, cocok untuk yang belum terlalu paham didunia per-laptop-an, namun jangan sampai salah setting, bisa2 ntr memang aplikasinya berbahaya malah kita approve kan :D

    BalasHapus
2956655655531813399