BLANTERVIO103

8 Tips Mengerjakan Skripsi Hingga Publikasi Artikel Ilmiah

8 Tips Mengerjakan Skripsi Hingga Publikasi Artikel Ilmiah
Sabtu, 17 Juli 2021

Source: freepic.com

Bagi kalangan mahasiswa, tugas akhir atau skripsi adalah sebuah kewajiban yang harus mereka jalani. Dalam membuat skripsi mahasiswa juga diharapkan dapat menulis hasil penelitian mereka ke dalam artikel ilmiah. 

Memang bagi sebagian mahasiswa yang belum terbiasa menulis sebuah artikel ilmiah akan terasa berat untuk menjalaninya. Sebab dalam hal menulis kita perlu ketelatenan, kesabaran, latihan, dan yang pasti harus banyak baca untuk memperbanyak sumber informasi.

Dalam menulis sebuah artikel ilmiah, terkadang timbul sebuah pertanyaan dari mahasiswa "Bagaimana sih cara menulis artikel ilmiah yang baik?".

Setiap pembimbing atau dosen memiliki kriteria-kriteria sendiri dalam hal menulis artikel ilmiah yang baik. Pada dasarnya semakin kita terbiasa menulis maka semakin baik struktur kalimat yang kita tulis. Sebab dengan terbiasanya kita menulis akan mempermudah dalam hal menyampaikan sebuah pesan ke dalam sebuah tulisan. 

Proses

Berikut beberapa langkah yang dapat membantu Anda sebagai mahasiswa dalam mengerjakan skripsi hingga publikasi artikel ilmiah.

Langka Ke-1: Siapkanlah topik dan ide penelitian

Sebelum Anda memilih dosen pembimbing, sebaiknya tentukanlah topik dan ide penelitian yang ingin Anda lakukan. Persiapkanlah dengan matang topik dan ide penelitian dari jauh hari serta yakinkanlah diri Anda bahwa anda siap melakukannya. Setelah itu, carilah dosen yang sesuai dengan penelitian yang akan Anda ambil. 

Cara untuk melihat dosen yang sesuai dengan topik dan ide penelitian Anda yaitu dengan melihat rekam jejak publikasinya. Dari rekam jejak publikasi artikel ilmiah tersebut, Anda dapat melihat keahlian dosen tersebut serta mendapat gambaran topik dan ide apa yang sesuai didiskusikan dengan dosen tersebut.

Langkah Ke-2: Diskusi dengan dosen pembimbing

Setelah mendapatkan dosen pembimbing, diskusikanlah topik dan ide yang telah Anda siapkan. Sebab dengan diskusi dengan pembimbing, Anda akan mendapatkan ide yang sejalan dengan dosen pembimbing Anda. Jika ide penelitian yang Anda inginkan tidak sejalan dengan dosen pembimbing, maka akan menghambat Anda sendiri.

Dalam diskusi tersebut, bicarakanlah topik dan ide penelitian secara jelas serta tujuan dari penelitian Anda. Apabila topik dan ide penelitian disetujui oleh dosen pembimbing, maka carilah referensi bacaan yang sesuai dengan topik bahasan. Apabila Anda kesulitan dalam mencari referensi bacaan, jangan ragu untuk meminta saran kepada dosen pembimbing.

Jangan lupa, dalam diskusi tersebut bicarakanlah mengenai publikasi ilmiah penelitian Anda. Intinya pada langkah ini yaitu menyatukan arah penelitian serta capaian yang ingin dituju bersama.

Langkah Ke-3: Pilihlah judul penelitian

Setelah berdiskusi dengan dosen pembimbing dan mendapatkan topik serta ide penelitian, selanjutnya tentukanlah judul yang tepat untuk penelitian Anda. Ajukanlah judul tersebut kepada dosen pembimbing Anda, lalu sertakan alasan Anda memilih judul tersebut. Buatlah judul penelitian Anda tidak lebih dari 14 kata, tetapi biasanya masing-masing kampus memiliki standar berbeda-beda.

Biasanya dosen pembimbing memberikan kebebasan dalam memilih judul penelitian kepada mahasiswa. Tetapi ada juga dosen pembimbing yang langsung memberikan judul penelitian kepada mahasiswa. Apabila Anda sudah diberikan judul oleh dosen pembimbing maka Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan judul. 

Jika tidak, siapkanlah beberapa judul mengenai topik penelitian lalu diskusikanlah kembali dengan dosen pembimbing Anda. 

Langkah Ke-4: Mengatur jadwal penelitian

Anda sudah mendapat judul dan arah penelitian sudah sejalan dengan dosen pembimbing. Maka selanjutnya buatlah jadwal penelitian. Tulislah apa saja yang harus Anda lakukan dalam pengerjaan penelitian tersebut. Serta buatlah target seperti minggu pertama apa yang akan Anda lakukan, lalu minggu kedua, dan seterusnya hingga hari menjelang ujian skripsi.

Langkah Ke-5: Memulai penelitian

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penelitian diartikan sebagai kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis serta penyajian data secara sistematis dan obyektif, untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis.

Pada langkah ini Anda sebagai mahasiswa dituntut untuk mengerahkan segenap fikiran dan tenaga dalam pengerjaannya. Sebab, pada tahap ini sering muncul permasalahan-permasalahan yang sering menghambat penelitian. Tetapi hambatan itu merupakan sebuah tantangan serta apabila di fikirkan tantangan tersebut adalah sebuah ilmu yang berharga. 

Setiap kali menemukan tantangan, seperti "metode yang saya gunakan sudah benar, tetapi luaran yang didapat berbeda dan tidak sesuai perkiraan?" disini pasti Anda mencari cara untuk menyelesaikan hal tersebut. Mulai dari bertanya di forum-forum, ikut workshop, bertanya ke teman baik sesama kampus ataupun berbeda kampus, dan sebagainya.

Tanpa Anda sadari proses-proses tersebut menambah wawasan keilmuan serta relasi. Misalnya, kita menggunakan cara pengerjaan A dan hasilnya 2, ketika kita bertanya ke yang lain mereka memberikan cara pengerjaan B dan hasilnya sama. Disini kita lihat ternyata untuk mendapatkan hasil 2 itu ada beberapa cara. Semakin Anda menggali lagi tentang penelitian tersebut maka semakin banyak hal yang Anda temui.

Dalam melakukan penelitian skripsi terdapat beberapa langkah yang harus mahasiswa lalui. 

Pertama, yang harus mahasiswa kerjakan yaitu membuat latar belakang atau bab 1. Dalam latar belakang ini, mahasiswa menjelaskan kenapa penelitian tersebut perlu dilakukan serta masalah apa yang terjadi hingga bagaimana solusi yang akan diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu juga, mahasiswa juga menuliskan tujuan dan manfaat penelitian.

Kedua, pada tahap ini mahasiswa diharuskan membuat atau menuliskan tinjauan teoritis. Tinjauan teoritis tersebut mahasiswa harus menuliskan teori yang dapat menghubungkan atau mendukung dalam penulisan dari bab 1 latar belakang hingga bab 5 kesimpulan.

Teori-teori yang digunakan dalam penelitian tersebut dikutip dari beberapa sumber terpercaya seperti jurnal, buku, prosiding, dan dokumen penting pemerintah. Kutipan teori tersebut bisa juga di ambil dari sebuah website tetapi perlu dipastikan bahwa sumber yang Anda gunakan terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ketiga, pada tahap ini mahasiswa wajib menjelaskan mulai dari metodologi penelitian, hipotesis, metode penelitian, hingga bagaimana Anda melakukan analisis data. Pada tahap ini, Anda harus membuat secara jelas agar pada tahap selanjutnya Anda tidak dibuat bingung dalam pengerjaan penelitian. 

Keempat, pada tahap ini Anda sebagai mahasiswa harus menjelaskan secara detail dan jelas dari hasil temuan pada penelitian. Sebab pada tahap ini bahasan yang ditekankan yaitu hasil dan pembahasan penelitian. Anda diharuskan untuk menjelaskan secara mendalam mengenai hasil temuan dan pembahasan yang sudah Anda lakukan, dan apakah hasil temuan tersebut sesuai dengan hipotesis yang sudah kamu buat di bab sebelumnya. Serta apakah metode yang kamu lakukan berhasil digunakan sesuai penjelasan pada bab 3.

Kelima, tahap terakhir yaitu kesimpulan dan saran dari penelitian yang telah Anda lakukan. Disini Anda harus menuliskan hasil akhir dan menjelaskan mengenai keseluruhan hasil dari penelitian yang dilakukan. Tidak hanya itu, kesimpulan juga dapat menjadi suatu pembahasan akhir yang menjadi perhatian akhir dari suatu karya tulis ilmiah. Serta, berikanlah saran pengembangan penelitian kedepannya untuk peneliti lainnya.

Dalam pengerjaan bab 1 hingga bab 5, Anda haruslah rajin dan sering berdiskusi atau bimbingan kepada dosen pembimbing. Sebab tanpa bimbingan dari dosen pembimbing, jangan harap Anda akan cepat menyelesaikan skripsi dan mengikuti ujian akhir.

Langkah Ke-6: Bersiap menghadapi ujian

Setelah semua proses penelitian telah Anda lalui, saatnya mempersiapkan mental untuk memaparkan hasil penelitian Anda di depan penguji. Persiapkanlah secara matang mulai apa saja yang harus di tampilkan dalam paparan hasil penelitian serta pahami kembali semua yang telah Anda tulis.

Langkah Ke-7: Menyiapkan manuscript

Berdiskusilah bersama dosen pembimbing Anda kembali mengenai tahap ini. Mintalah saran bagaimana cara membuat artikel ilmiah dan kemana harus Anda submit artikel ilmiah tersebut. 

Biasanya dosen akan memberikan saran jurnal apa yang sesuai dengan topik penelitian Anda, serta menuntun Anda menyiapkan artikel ilmiah. Disini Anda haruslah membaca kembali apakah penelitian dan hasil penelitian sudah jelas dituliskan. Lalu periksa kembali penggunaan tata bahasa dan apakah sudah sesuai dengan format jurnal yang akan Anda submit.

Langkah Ke-8: Publikasi

Setelah hasil diskusi dan bimbingan dengan dosen pembimbing menghasilkan sebuah manuscript lengkap maka saatnya mempublikasikan artikel ilmiah. Pada tahap ini, setelah Anda submit artikel ilmiah ke dalam jurnal, maka akan ada ulasan dari reviewer. Semakin cepat Anda memperbaiki ulasan atau koreksi reviewer maka semakin cepat artikel ilmiah Anda akan di proses untuk publikasi.

Share This Article :
Feri Nugroho

Good understanding using database tools, data visualization, Remote Sensing & GIS Software, Graphic Design, and also understand the programming language PHP and MySQL. Interest on research-based of Conservation, Climate Change, Urban Growth, and Information systems.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 17 komentar:

  1. Sangat inspiratif ini. Kedelapan langkahnya dijelaskan dng rungut bagaimana agar skripsi jalan lancaar

    BalasHapus
  2. jadi teringat masa-masa dulu ketika tugas skripsi, hampir sama step by stepnya.., hehe

    BalasHapus
  3. Saya suka tips artikelnya... Sangat bermanfaat gan...

    BalasHapus
  4. dulu pernah bikin skripsi kualitatif dengan judul Motivasi Mahasiswa Bergabung dengan Pers Mahasiswa dan jadi bikin inget kalau bikinnya anti mainstream

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama mas, saya dulu gitu bikin yang anti-mainstream alhasil dapat poin plus dari penguji karena topiknya beda dengan kebanyakan mahasiswa di jurusan yg sama. Ditambah, kita serasa memaparkan sesuatu yang baru ke penguji dan penguji dengerinnya bener-bener tertarik.

      Hapus
  5. sangat inspirasi. bisa saya share ke teman saya yang sedang struggle jalanin skripsi.

    BalasHapus
  6. Tipsnya boleh juga diaplikasikan. Jadi nambah wawasan ilmu pengetahuan nih. Trims yaaa

    BalasHapus
  7. Skripsi bikin panas hati jadi keinget masa2 bikin skripsi susahnya setengah mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum gitu di tambah dospem yang galak ya mas

      Hapus
  8. tahun depan saya skripsi ni semoga saya berhasil selesai

    BalasHapus
  9. Mengingatkan masa lalu ini mah. Tapi thank you kak utk tipsnya. Bisa utk adikku nih...

    BalasHapus
  10. Tips berguna banget nih buat yang lagi nyusun skripsi atau lagi ngejar Es (S) berikutnya tapi masih males-males. Gas disimpan dan action.

    BalasHapus
  11. Dulu ketika Saya mengerjakan skripsi, banyak sekali godaannya mas hehe
    Namun setelah Saya mampu melewati semuanya, Alhamdulillah bangga rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi godaan dari teman yang ngajak main game atau nongkrong

      Hapus
  12. Alhamdulillah skripsi sudah berlalu y pak, terimakasih bapak Feri untuk bimbingan nya (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat Dewi dan sekarang tinggal menunggu hasil publikasi artikel jurnalnya.

      Hapus
2956655655531813399