BLANTERVIO103

Tahukah Kamu Tentang Klasifikasi Peta?

Tahukah Kamu Tentang Klasifikasi Peta?
Rabu, 30 Juni 2021

Peta adalah representasi/gambaran permukaan bumi yang digambarkan pada bidang datar dan memiliki skala tertentu. Peta juga dapat di artikan sebagai informasi yang dikemas dari data satelit, atribut, atau lainnya, diolah menjadi sebuah gambar oleh pembuat peta dan di sajikan ke pemakai peta. 

Di zaman serba digital sekarang ini, penggunaan peta sudah beralih dari yang non-digital ke digital. Banyak orang lebih menyukai menggunakan peta melalui aplikasi seperti google maps dibandingkan peta yang tergambar diatas kertas. Penggunaan peta digital lebih praktis dibandingkan penggunaan non-digital. Kita cukup memasukkan tujuan lalu aplikasi peta tersebut dapat langsung mengarahkan ketempat tujuan dengan rute tercepat. 


www.freepik.com

Tetapi, tahukah kamu kalau peta itu di klasifikasikan kedalam beberapa macam, berikut penjelasannya.

Klasifikasi Peta

Peta dapat diklasifikasikan kedalam beberapa macam seperti:
  1. Dilihat dari fungsinya
    Peta umum, peta yang menggambarkan semua topografi di permukaan bumi meliputi unsur alam (sungai, hutan, dan lain-lain), unsur buatan manusia (perumahan, gedung, jembatan, dan lain-lain), serta bentuk permukaan bumi (gunung, lembah, lereng, ketinggian, dan lain-lain).
    Peta tematik, peta yang menggambarkan informasi di permukaan bumi dengan tema-tema khusus atau tertentu seperti peta cuaca dan iklim, ekonomi, statistik, dan lain-lain. 
    Peta Navigasi (chart), merupakan hasil dari peta turunan yang di manfaatkan atau dikhususkan untuk petunjuk arah atau navigasi. Peta navigasi (chart) dibagi menjadi 3 yaitu, peta navigasi darat, laut, dan udara.

  2. Dilihat dari skalanya
    Peta Teknik/Kadaster, peta ini memiliki skala sangat besar yaitu antara 1:100 sampai 1:5.000. Peta ini sangat rinci karena bisanya digunkan untuk keperluan teknis seperti jaringan jalan, batas tanah, jaringan kabel, dan lain-lain. 
    Peta skala besar, peta yang memiliki skala antara 1:5.000 sampai 1:250.000. Peta ini biasanya digunakan untuk perencanaan tata wilayah.
    Peta skala sedang, peta yang memiliki skala antara 1:250.000 sampai 1:500.000, seperti peta provinsi dan pulau.
    Peta skala kecil, peta yang memiliki skala antara 1:500.000 sampai 1:1.000.000, seperti peta negara Indonesia.
    Peta Geografis, peta yang memiliki skala lebih kecil 1:1.000.000 yang mencangkup wilayah yang luas, seperti peta benua dan peta dunia.
Share This Article :
Feri Nugroho

Good understanding using database tools, data visualization, Spatial Analysis with Remote Sensing & GIS Software, Graphic Design, and also understand the programming language PHP and MySQL. Interest on research-based of Conservation, Climate Change, Urban Growth, and Information systems.

TAMBAHKAN KOMENTAR

2956655655531813399