Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru saya dengan cara Berlangganan!

Review ASUS Vivobook 14 A1404

Di antara berbagai merk laptop lain yang bermunculan di pasaran, ASUS termasuk salah satu yang paling rajin mengeluarkan tipe baru. Kali ini andalannya adalah ASUS Vivobook 14 A1404 yang mulai merambah di kalangan mahasiswa. 

Pasalnya, laptop terbaik di kelasnya ini tak hanya memberikan performa terbaik tetapi juga ditawarkan dengan harga terjangkau. Tiga pilihan prosesornya mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa yang beragam dengan berbagai latar belakang jurusan.

Tampilannya yang ringkas dan unik juga cukup menarik perhatian, tentu cocok bagi Anda yang ingin tampil menarik. Bagi Anda yang berminat memiliki ASUS Vivobook 14 A1404 pastikan untuk lebih mengenalnya dengan membaca ulasan berikut ini.

Spesifikasi ASUS Vivobook 14 A1404

  • Processor: Intel®Core™ i3-1215U Processor 1.2 GHz (10M Cache, up to 4.4 GHz, 6 cores), Intel®Core™ i5-1235U Processor, atau Intel® Core™ i5-1335U Processor 1.3 GHz
  • Display: 14-inch FHD (1920 x 1080) 16:9 aspect ratio 250 nits anti-glare panel
  • Battery: 42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion, 60% in 49 mins fast charging. 
  • Storage: 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • Network: Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card (*Bluetooth® version may change with OS version different.)
  • Operating System: Windows 11 Home
  • Memory: DDR4 8GB on board
  • Military Grade: US MIL-STD 810H military-grade standard
  • Graphic: Intel UHD Graphics dan Intel Iris Xe Graphics untuk Core i5/i7 dengan memori dual channel

Review ASUS Vivobook 14 A1404

Performa

Dari segi performa, ASUS Vivobook 14 A1404 memang tidak perlu diragukan lagi karena ditenagai oleh Intel® Core™ i5-1335U Processor yang mumpuni. Prosesor tersebut bahkan mampu memenuhi kebutuhan kelas berat untuk mahasiswa teknik maupun yang berhubungan dengan aneka teknologi.

Tapi jika Anda hanya membutuhkan penggunaan ringan seperti tugas kuliah sederhana atau penggunaan harian dan hiburan, kedua jenis proses lain mungkin sudah cukup. Yakni  Intel®Core™ i3-1215U Processor dan Intel®Core™ i5-1235U Processor yang ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau tentunya.

Tak hanya dari segi prosesor, performa ASUS Vivobook 14 juga didukung oleh daya tahan baterai yang lama. Apalagi dengan fitur fast charging yang menghemat waktu karena Anda bisa mengisi daya baterai rendah hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit. Sementara itu, untuk grafisnya ASUS Vivobook 14 mengandalkan intel UHD dan Intel Iris Xe Graphics. 

Tampilan

Tampilan ASUS Vivobook 14 terbilang sangat menarik dan cocok untuk mendampingi hari-hari mahasiswa. Pasalnya, laptop ini memiliki warna yang soft sekaligus netral sehingga dijamin akan long lasting. Beberapa warna yang tersedia diantaranya yaitu Quite Blue, Transparent Silver, dan Terra Cotta.

Desain unik yang ditunjukkan oleh ASUS Vivobook 14 adalah engsel lay-flat yang membuat laptop bisa dibuka hingga 180 derajat. Dengan demikian, Anda bisa berbagi layar dan berkolaborasi dengan teman meja lebih mudah dan tentunya akan membuat tim Anda menjadi lebih produktif dimanapun.

Tampilan layar yang diberikan ASUS Vivobook 14 juga sangat jernih sehingga enak untuk dipandang. Bahkan ASUS Vivobook 14 telah mengantongi sertifikat TÃœV Rheinland yang memastikan tingkat cahaya biru yang rendah. Dengan jaminan sertifikasi tersebut, Anda jadi bisa melihat layar laptop dalam waktu lama tanpa merasa mudah lelah.

Ketahanan

ASUS Vivobook 14 memiliki ketahanan yang tidak perlu diragukan lagi karena telah memenuhi memenuhi standar kelas militer MIL-STD-810H AS yang cukup ketat. Untuk lolos dalam standar tersebut, Vivobook 14 telah menjalani 12 metode pengujian yang ketat dan 26 prosedur pengujian berat.

Berdasarkan kelolosan uji tersebut, ASUS Vivobook 14 telah melebihi standar industri dan menjamin umur penggunaan yang panjang. Dengan demikian, Anda tidak perlu cemas ketika membawa ASUS Vivobook 14 selama bepergian sehingga membuat Anda lebih produktif dimanapun.

Ketahanan ekstra lainnya diberikan oleh ASUS Vivobook 14 dengan adanya kelengkapan teknologi ASUS Antimicrobial Guard Plus. Teknologi menggunakan pelapis permukaan yang mengandung ion silver bermuatan negatif ini menjaga Anda dari aneka virus dan bakteri. Mulai dari SARS-CoV-2 (COVID-19), H1N1, H3N2 (Influenza A) dan bakteri berbahaya.

Kelengkapan

Selain aneka spesifikasi unggulan yang telah disebutkan, ASUS Vivobook 14 juga memiliki fitur-fitur unik lainnya. Mulai dari fingerprint di touchpad agar Anda tidak perlu mengetik kata sandi, hingga fitur penutup webcam secara fisik agar melindungi Anda dari kemungkinan pengintaian.

Keyboard yang dimiliki ASUS Vivobook 14 juga sangat nyaman karena mengandalkan keyboard ASUS ErgoSense. Pantulan tombol yang optimal dan pergerakan dengan presisi yang disesuaikan membuat sensasi mengetik menjadi lebih menyenangkan. Oleh karena itu, Anda bisa mengerjakan tugas menggunakan ASUS Vivobook 14 dengan nyaman.

16 komentar

  1. ASUS Vivobook 14 A1404 merupakan laptop terbaru dari ASUS yang menyasar segmen pelajar dan mahasiswa. Laptop ini menawarkan desain yang ringkas dan ringan, performa yang mumpuni, serta harga yang terjangkau.
  2. Kombinasi spek yang apik buat berkarya tidak hanya untuk mahasiswa, tapi saya pun tergiur untuk memilikinya.
  3. Asli memang Asus itu sering banget ngeluarin produk-produk barunya. Inovasinya ga henti-henti. Salut dah. Kita jadi punya banyak referensi pilihan laptop yang sesuai dengan kita
  4. Iya, ASUS termasuk brand yang banyak mengeluarkan produk. Bagus jadi kita punya banyak pilihan. Apalagi biasanya produk ASUS memang mengikuti kebutuhan customer untuk fiturnya
  5. Prosesor intel dengan seri i dengan akhiran u diperuntukkan bagi laptop yang mengutamakan efisiensi bagi pemiliknya.
  6. Gimana nggak banyak yang trust dan naksir sama produk laptop keluaran ASUS coba? Brand laptop satu ini benar-benar sering banget mengeluarkan tipe baru dengan inovasi yang terus meningkat. Nah, kali ini, mengeluarkan laptop yang nyaman pula sama kantongnya mahasiswa. Mantap.
  7. Asus mah selalu keren yess.... gak cuma modelnya, inovasi dan kecanggihan teknologinya selalu terdepan, jadi selalu mupeng kalau liat produk Asus yess...
  8. Asus Vivobook memang lini laptop ringan bertenaga kencang bagi mereka yang butuh perangkat dengan mobilitas tinggi. Asik sih kalau udah punya yang satu ini.

    Asus Vivobook 14 A1404 ini contohnya, saya yakin sangat mumpuni untuk diajak multitasking dan main gim tipis-tipis. Walau penyimpanannya hanya 256 Gb, tapi lumayan lah untuk kebutuhan ringan. Panel layarnya IPS atau TN Bang?

    Terima kasih ya Bang.
  9. Oiya, ya, Asus memang sering banget punya produk baru. Sebagai orang awam Asus, aku sampai bingung loh 🤣. Lah bagus2 tuh
  10. Cek
  11. Alhamdulillah punya laptop baru selalu dapat rezeki dari ASUS. Sudah merasakan series Zenbook, tapi belum pernah yang series Vivobook. Vivobook ini cocok banget buat mahasiswa dan pekerja kantoran.
  12. Hmm sayangnya Vivobook-ku masih AMD Ryzen prosesornya
    Jadi pengen punya yang intel core i7 ini
    Gak lama lagi bakalan muncul yang core i9
  13. Gak heran kalau ASUS emang menjadi brand laptop favorit saat ini. Banyak type laptop yang keren dan sesuai dengan kebutuhan
  14. Untuk para programmer yang ingin mendapatkan referensi terbaik selain Thinkpad, bisa banget cobain ini Asusnya. Apalagi sudah dilengkapi dengan standar kelas militer.
  15. Aku juga pengguna laptop ASUS sejak pandemi, emang spek dan fungsinya bisa diandalkan banget deh dan daya tahan nya juga oke
  16. Asus kesen banget sih.. inovasinya nggak ada mandeknya, selalu mengeluarkan produk² dengan teknologi terbaru yang membantu produktivitas kita.