Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru saya dengan cara Berlangganan!

Cara Mudah Menambahkan Tombol Subscribe YouTube di Website Atau Blog

Salah satu layanan google yang akan dibahas kali ini yaitu layanan menambah widget YouTube ke dalam Blog. Adapun cara untuk menambahkan widget YouTube

YouTube merupakan salah satu media sosial yang paling banyak diakses di seluruh dunia (1). Mulai dari anak-anak hingga orang tua semuanya tahu tentang media sosial tersebut. 


Source Freepik

Hadirnya situs tersebut kita dapat berbagi serta menonton berbagai macam video, seperti berita, olahraga, humor, drama, pendidikan dan lain-lain. Dengan adanya YouTube kita dapat menjangkau khalayak ramai.

Selain itu, di tengah pandemi seperti saat ini yang tengah mewabah di seluruh dunia. Pengguna YouTube diseluruh dunia meningkat bahkan pengguna di Indonesia juga (2). Ditengah pola kerja dari rumah (WFH/ Work From Home), banyak sekali konten kreator bermunculan. 

Dari YouTube tersebut banyak orang mencoba mencari keuntungan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah lewat iklan yang muncul atau lebih dikenal dengan monetisasi. Monetisasi YouTube merupakan proses konversi dari performa suatu video di YouTube menjadi sumber penghasilan bagi kreator video (3).  Tetapi ketatnya peraturan yang diterapkan dari YouTube, tidak semua orang dapat menikmati fasilitas tersebut. 

Untuk menikmati fasilitas tersebut, kanal YouTube seseorang harus memenuhi syarat yaitu 1000 pengikut dan 4000 jam tayang (4). Untuk mendapatkan hal tersebut, biasanya konten kreator membagikan kanal YouTube mereka ke berbagai media untuk mendapatkan pelanggan (subscribe).

Media blog atau website merupakan salah satu tempat untuk membagikan kanal YouTube ataupun video yang telah mereka buat. Untuk menambahkan kanal YouTube ke dalam blog, kita dapat menggunakan fasilitas widget. Adapun cara untuk menambahkan widget YouTube di blog sebagai berikut:

  1. Silahkan kunjungi situs https://developers.google.com/youtube/ jangan lupa masuk dengan akun YouTube yang akan kita tambahkan di widget.
  2. Setelah masuk, terdapat beberapa pilihan menu, silahkan pilih Subscribe Buttons kemudian klik Add a button


  3. Selanjutnya, terdapat formulir yang harus diisi lalu isikan dengan alamat YouTube Anda
    Channel Name or ID : Isikan dengan Channel ID YouTube Anda. Untuk melihat Channel ID silahkan klik link ID, maka akan tampil halaman baru yang berisikan ID Pengguna dan Channel ID. Disini kita copy Channel ID.




    Layout : Untuk tampilan layout terdapat pilihan default dan full silahkan pilih sesuai keinginan Anda, untuk melihat preview dapat dilihat pada bawah formulir.
    Theme : Untuk tema terdapat pilihan default dan dark silahkan pilih sesuai keinginan Anda.
    Subscribe Count : Pada bagian ini silahkan tentukan akan ditampilkan jumlah subscribe atau tidak.



  4. Selanjutnya, silahkan copy kode yang ada di bagian bawah formulir lalu tambahkan ke widget blog Anda.


Untuk menambahkan kode widget YouTube yang telah kita dapat tadi ke dalam blog caranya yaitu:
  1. Masuk ke akun blogger, lalu pilih tata letak (Layout).
  2. Pilih tambahkan gadget.
  3. Lalu pilih HTML/Javascript.


  4. Selanjutnya, paste kode yang telah kita copy tadi.
  5. Terakhir kita tinggal simpan.


Jangan lupa untuk mengunjungi dan support channel YouTube saya serta Like, Share, dan Subscribe. Terima kasih. 


Atau

22 komentar

  1. Lagi-lagi aku bsru tahu kalau bisa menambahkan tombol subcribe di blog kita.

    Aku saja pasang logo2 di blog minta bantuan web desain heheheheh. Berarti kalau belajar dan bisa pada akhirnya, next tine jd mandiri ya kita. Sudah tidak mengandalkan jasa web desain untuk hal sepele seperti memasang logo dan spt ini untuk memasang tombol subcribe.

    Ngomong-ngomong aku sudah subcribe lho cahnnel youtube mas Feri. Terima kasih infonya mas.
    1. Tetap semangat untuk selalu belajar mbak. Kalau saya lebih seru kotak katik sendiri mbak kalau blog, memang agak pusing tapi kalau berhasil itu leganya plong :D

      Terima kasih banyak sudah subscribe channel saya.
  2. wah berarti ini otomatis subs akun Youtube kita gitu ya? baru tahu bisa gitu hehe
    menarik nih, meski belum punya youtube yang bener2 😁
    1. Ya benar, pengunjung langsung disuguhi 2 pilihan yaitu subscribe atau tidak
  3. Makasih kak informasinya bermanfaat banget ini buat newbie di dunia YouTube kayak saya. Susah memang untuk bisa monetisasi Channel karena banyak hal dan saya masih harus banyak belajar bikin kontent yang bagus untuk menarik viewers
  4. Wah, ilmu yang sangat bermanfaat Bang. Jadi nanti bisa saya praktikkan kalau ada channel YouTube yang perlu ditautkan dalam Blog. Terima Kasih Bang
  5. Ntah kapan berguna bagi diriku tutorial ini... fokus ke blog aja kadang ga terurus,,, suka banget kalo ada blog yang bikin tutorial gini jadi ga perlu pake jasa orang untuk masang atau perbaiki ini itu tetek bengek.
  6. Pernah waktu nyari-nyari template blog, nemu salah satu tampilan contoh template yang menyediakan widget subcribe chanel youtube. Waktu itu bertanya-tanya, 'koq bisa?'. Ternyata prosesnya seperti ini, ya
  7. Herijo said: Blm punya Chanel YouTube, soalnya lebih asyik menulis di blog. Tp seharusnya di masa ini harus punya omni Chanel ya untuk distribusi tulisan. Maybe later...
  8. Wah keren ini, tutornya, bisa gunain kalau nanti sudah tambah fokus ke ranah video youtube. Kalau seperti ini bisa cepat nambah subscribers nantinya
  9. nah ini dia tutor yang selama ini aku cari. lebih mudah dipahami karena disertai dengan gambar
  10. Iya nih, kebijakan di rumah saja bikin banyak konten kreator bermunculan di YT. Ternyata mudah ya bikin tombol subscribe di blog. Makasih tutorialnya kak, bisa dicoba!
  11. Wah keren banget. termima kasih kak turotialnya, Izin bertanya ini kak.
    Pas kita udah ikuti langkah nomor1 diatas, Silahkan kunjungi situs https://developers.google.com/youtube/

    Loginnya di bagian mana ya kak, Mila coba cari belum ada
    1. Login nya pada pojok kanan atas layar mbak, dan email yang digunakan adalah email YouTube yang akan kita sambungkan.
  12. Save nih kayak.y biar nanti punya yutup bisa pake wodget suscribe di bloh
  13. Wah asyikkk ilmu baru lagi. Aku save ahh! Nanti aku praktekkin di blog aku...makasih mas!
  14. Baru tauu dong caranya sesimpel itu ya kak 🤣✨ Brb mau masang di blog sendiri!
  15. Caranya mirip2 kalau mau pasang widget instagram ke blog ya. Bedanya ini langsung terhubung ke tombol subscribe YouTube.
  16. wah bisa saya coba pasang niy kak, nyobain ah kebetulan lagi belajar untuk youtube niy
  17. wah mantep nih tipsnya, tapi saya jarang upload konten YouTube hehe, bagus juga nanti kapan2 kalau mau buat konten di YouTube bisa dihubungkan sama blog subscribenya. Terima kasih infonya.
  18. Ilmunya bener bener bermanfaat banget buat newbie blogger kaya saya, makasih banyak tipsnya ya kak
  19. Menyebarkan ilmu itu pahala. Sangat bermanfaat untuk blog dan youtuber newbie kaya saya. Terima kasih