BLANTERVIO103

Pengantar Komputer

Pengantar Komputer
Senin, 14 Maret 2022

 

Source: freepik.com

PENDAHULUAN

Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.

Awal komputer digital dibangun pada 1940-an dan 1950-an adalah mesin besar yang terdiri dari ribuan tabung vakum. Mereka biasanya memenuhi ruangan yang besar, tetapi kekuatan komputasi mereka hanya sebagian kecil dari komputer pribadi yang digunakan saat ini.

Ada dua keluarga perangkat komputasi yang berbeda, yaitu komputer digital dan komputer analog. Komputer paling awal adalah analog, bukan digital, dan kedua jenis komputer ini beroperasi dengan prinsip yang sangat berbeda.

Perhitungan dalam komputer digital didasarkan pada angka biner, yaitu '0' dan '1'. Sirkuit elektronik digunakan untuk mewakili bilangan biner, dengan status sakelar listrik (yaitu 'on' atau 'off') yang mewakili digit biner secara internal di dalam komputer.

Komputer digital sendiri yaitu komputer yang bekerja untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lainnya.

Di era revolusi industri 4.0, pelaku industri membiarkan komputer saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk akhirnya membuat keputusan tanpa keterlibatan manusia. Kombinasi dari sistem fisik-cyber, Internet of Things (IoT), dan Internet of Systems membuat Industry 4.0 menjadi mungkin, serta membuat pabrik pintar menjadi kenyataan.

TUJUAN

Matakuliah ini merupakan salah satu matakuliah wajib yang ada di jurusan bisnis digital. Dengan mempelajari dan memahami tentang komputer, mahasiswa akan lebih cepat berkembang serta siap untuk bersaing di era digital sekarang. Pada matakuliah ini, mahasiswa akan mempelajari tentang komputer khususnya di era digital saat ini serta industri 4.0.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Mengetahui sejarah komputer, perangkat keras, perangkat lunak serta jaringan (networking) pada sistem komputer.
  2. Mampu memahami  dan menggunakan  aplikasi  perkantoran.
  3. Memahami tentang peran penting komputer di era industri 4.0.
  4. Memahami komputer dan perkembangan teknologinya khususnya di bidang bisnis.

REFERENSI

  1. Ethics in Computing: A Concise Module, Joseph Migga Kizza, Penerbit: Springer International Publishing, 2016. 
  2. Introduction to the History of Computing A Computing History Primer by Gerard O’Regan, Penerbit: Springer, 2016.
  3. A New History of Modern Computing (History of Computing) by Haigh, Thomas, Ceruzzi, Paul E., Penerbit: The MIT Press, 2021.

MATERI PEMBELAJARAN

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) (Link):

Pertemuan 1 - Pengantar kuliah (Download)

Pertemuan 2 - Komponen komputer (Download)

Pertemuan 3 - Sistem operasi dan internet (Download)

Pertemuan 4 - Komputer dan pengolah data (Download)

Pertemuan 4 - Tugas 1 (Upload)

Pertemuan 5 - Komputer sebagai sistem kontrol real-time (Download)

Pertemuan 6 - Komputer dan platform komunikasi (Download)

Pertemuan 7 - Peran komputer di perkantoran dan industri (Download)

Pertemuan 8 - UTS (Download soal) dan (Upload jawaban)

Pertemuan 9 - Komputer dan pemrograman (Download)

Pertemuan 10 - Minicomputers and later mainframes (Download)

Pertemuan 11 - Pemprosesan dan dokumentasi (Download)

Pertemuan 12 - Peran komputer dibidang bisnis (Download)

Pertemuan 12 - Tugas 2 (Upload)

Pertemuan 13 - Komputer pada industri 4.0 (Download)

Pertemuan 14 - Etika dalam komputasi (Download)

Pertemuan 15 - Presentasi project

Pertemuan 16 - UAS (Download soal) dan (Upload jawaban)

Share This Article :
Feri Nugroho

Good understanding using database tools, data visualization, Spatial Analysis with Remote Sensing & GIS Software, Graphic Design, and also understand the programming language PHP and MySQL. Interest on research-based of Conservation, Climate Change, Urban Growth, and Information systems.

TAMBAHKAN KOMENTAR

2956655655531813399