Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru saya dengan cara Berlangganan!

Sudahkah Anda Tahu? Cara Mencari Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA 1-6

Cara mencari jurnal di Sinta ternyata mudah sekali. Hanya dengan beberapa langkah saja, kita bisa mendapatkannya. Ingin tahu?

Banyak yang belum mengetahui cara mencari jurnal yang sudah terindeks SINTA. Padahal publikasi artikel ilmiah bagi kalangan akademisi itu sangat penting. Apalagi bagi seorang dosen yang memiliki tugas tridharma yang salah satunya yaitu wajib publikasi artikel ilmiah. Ditambah lagi, bagi mahasiswa tingkat akhir yang memiliki kewajiban untuk melakukan publikasi. 

Bagi mahasiswa Sarjana (S1) ada yang mewajibkan ada juga yang tidak, tetapi lebih baik hasil skripsi dipublikasikan di jurnal ilmiah. Lain halnya dengan mahasiswa magister (S2) maupun doktoral (S3), publikasi artikel ilmiah adalah wajib. Bagi mahasiswa magister (S2) minimal publikasi di jurnal nasional terakreditasi SINTA dan untuk mahasiswa doktoral harus internasional yang terakreditasi SCOPUS atau WoS (Web of Science).

Cara Mencari Jurnal di SINTA

Jurnal-jurnal yang ada di database SINTA merupakan jurnal terakreditasi dan bereputasi baik. Anda perlu mengetahui jika sistem penilaian SINTA terdapat 6 tingkatan. Tingkatan tersebut menunjukkan kualitas masing-masing jurnal. Bagi akademisi tingkatan jurnal tersebut memiliki poin yang dapat menunjang dalam pengajuan jabatan fungsional (jafung). Semakin tinggi tingkatan maka semakin besar juga poin (kum) yang didapat.

Adapun langkah-langkah mencari jurnal terakreditasi SINTA sebagai berikut:

  1. Buka laman SINTA melalui browser pada komputer maupun smartphone.

  2. Selanjutnya, pilih menu “Sources” di halaman utama, dan kemudian pilih “Journal".


    Setelah di klik maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

    Untuk mencari jurnal terdapat 3 cara yaitu dengan cara mencari jurnal sesuai topik di Search, mencari jurnal berdasarkan impact, dan mencari jurnal berdasarkan filter.
    Dengan fitur filter ini, proses atau prosedur pencarian jurnal di SINTA menjadi lebih mudah. Apalagi jika ingin mencari jurnal yang terindeks SINTA 1 atau lainnya. Serta kategori jurnal berdasarkan disiplin ilmu tertentu, sehingga pencarian lebih efisien.

    Lalu klik Filter
  3. Setelah mendapatkan jurnal yang Anda inginkan, lalu kunjungi jurnal tersebut dengan cara klik website. Lalu Anda tinggal menyesusaikan artikel Anda dengan format yang telah ditentukan oleh jurnal tersebut.
Untuk lebih jelasnya lagi Anda dapat menonton video tutorial berikut ini:

18 komentar

  1. Buat peneliti penting banget jurnal ini apalagi nentuin grade-nya biar nanti hasil penelitian bener-bener mampu menghasilkan kesimpulan yang dapat memberikan hasil yang berdampak
  2. Sebagai bukan orang akademisi bukan mahasiswa, aku baru tahu adanya SINTA ini. Kirain apa tadi, kok kayak nama orang. Hehehe ...
  3. Kalau cari sumber tulisan yg berkualitas bagus emang kudu ke yg terpercaya seperti SINTA ya. BTW ini free atai berbayar?
    1. Untuk unduh artikelnya free mbak, tapi untuk publikasinya ada yang free ada juga yang berbayar
  4. Saya awam banget tentang ini. Kalau anak saya mungkin tau karena dia mahasiswa. Nanti saya mau tanya-tanya juga ke anak. Siapa tau dia butuh juga info ini.
  5. Sinta emang kumpulan jurnal ilmiah yang validasinya terpercaya dan akurat. Karena jurnalnya terkurasi dengan baik.
  6. saya baru tau bisa cari jurnal dengan filterbidang ilmunya bgeitu, jadi lebih mudah ya. apalagi untuk unduhnya free, thanks rekomendasinya mas
  7. Saat ini untuk mencari jurnal dan referensi makin mudah. Gak harus ke perpustakaan besar.
  8. Jadi inget dulu pas skripsian pasti nyari jurnal jurnal gini harus ada yang logo sinta nya
  9. Wah nice info nih. kebetulan lagi lanjut studi S2
  10. Bagi para akademisi ini tentunya bisa jadi referensi yang bagus ya untuk terus menghasilkan jurnal-jurnal yang berkualitas.
  11. Dulu cari jurnal ke Google Schoolar, tapi lihat anak sekarang banyak yang manfaatin AI
  12. Makasih kak tutorialnya. Tinggal bikin jurnal SINTA-nya nih yang butuh effort hehe
  13. Diberi tahu cara melakukan pencarian terhadap jurnal yang benar dan bisa difilter sesuai kebutuhan begini sih, wajib kubilang terima kasih yaaa Kak.
  14. dulu juga kalau disuru dosen cari jurnal pasti diminta buat cari yang berlogo SINTA, wkwk. Syukurnya free buat download. Dulu pas skripsian ga harus publish di SINTA cuma di internal kampus aja.
  15. Ouw aku baru tahu nama Sinta iniiii. Keinget zaman masih sekolah nyarinya via manual googling dan datangi di mana koleksi jurnal itu disimpan haha. Penasaran kalau unduh jurnalnya gitu free atau berbayar atau hanya ditampilkans ebagian aja ya?
  16. Wahhh informasinya sangat membantu banget nih buat bisa tau cara mencari jurnal yang terpercaya, apalagi jaman sekarang susah banget buat cari sumber resources seperti ini. Noted kak!
  17. Tutorialnya keren nih andai saya tahu dulu pas kuliah. Wes skirpsi saya pasti dapat nilai Wow