Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru saya dengan cara Berlangganan!

MK - Introduction to Digital Business


Pendahuluan

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi digital baru telah menjadi pendorong penting munculnya jenis produk dan layanan baru, serta bentuk model bisnis baru. Sistem informasi bisnis dan manajemen tradisional dibangun untuk memfasilitasi arus informasi yang mendukung perusahaan dalam memanfaatkan mode manajemen tradisional dan model bisnis tradisional di mana data yang digunakan untuk mengambil keputusan dapat berumur berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Dengan munculnya Internet dan perangkat seluler yang ada di mana-mana, kita melihat munculnya model bisnis baru di mana data digunakan untuk mempersonalisasi pengalaman pengguna dan memberikan layanan yang memperhatikan preferensi individu serta data tambahan seperti lokasi mereka dikombinasikan dengan sejumlah data pendukung lainnya.

Oleh karena itu, penggunaan Teknologi Digital dalam bisnis berkembang pesat dari pandangan MIS (Sistem Informasi Manajemen) yang sempit terhadap teknologi digital di mana teknologi mendukung operasi tradisional ke situasi di mana teknologi digital tertanam secara mendalam dalam operasi perusahaan dan di mana pengalaman pelanggan perusahaan selalu dan pada dasarnya dimediasi oleh teknologi digital.

Hal ini berarti bahwa teknologi digital semakin penting bagi bisnis karena semakin tertanam dalam organisasi dan menjadi jelas bahwa tanpa model bisnis baru, perusahaan tidak dapat tetap kompetitif.

Bisnis digital adalah pertemuan sistem perusahaan, sistem seluler, Internet, dan analitik dalam lingkungan padat data yang mendasari pendekatan terkini terhadap penciptaan, implementasi, penyampaian, dan evolusi produk, proses, layanan, dan pengalaman.

Filosofi dari mata kuliah ini adalah untuk mengintegrasikan pemahaman dunia nyata dengan ide-ide teoretis yang ditemukan dalam literatur Sistem Informasi, dan menggunakan templat analitis utama untuk menyoroti praktik dan pengalaman pengorganisasian dan pengelolaan bisnis digital.

Tujuan

Peran teknologi digital dalam bisnis sedang mengalami perubahan radikal. Dengan memanfaatkan literatur Sistem Informasi yang canggih serta kekayaan materi studi kasus dunia nyata yang asli dan mendalam, kursus ini menganalisis peluang dan tantangan yang terkait dengan bisnis digital.

Capaian Pembelajaran

  • Memahami dan menilai secara kritis kekuatan dan keterbatasan konsep dan ide bisnis digital utama.
  • Memahami isu-isu utama seputar teknologi digital, termasuk kesadaran tentang bagaimana teknologi ini telah berkembang dan terus berkembang selama beberapa tahun terakhir.
  • Keterampilan dan pemahaman tentang cara menilai secara kritis lanskap teknologi yang sedang berkembang serta sumber informasi tentang lanskap tersebut.
  • Kemampuan untuk mengevaluasi secara kritis alat utama dan sumber informasi yang digunakan oleh pengambil keputusan dan pengguna teknologi.
  • Untuk menunjukkan keterampilan penting dalam menilai potensi teknologi digital baru dan nilai/relevansinya bagi organisasi.

Referensi

-

Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 - Pengenalan Bisnis Digital [Materi]

Pertemuan 2 - Strategi Bisnis Digital [Materi]

Pertemuan 3 - Pemasaran Digital - Tugas 1 (Upload) [Materi]

Pertemuan 4 - Digital Disruption [Materi]

Pertemuan 5 - E-Commerce - Tugas 2 (Upload)

Pertemuan 6 - Bisnis Global

Pertemuan 7 - Mengakuisisi Teknologi Digital Dalam Bisnis

Pertemuan 8 - UTS

Pertemuan 9 - Platform Digital

Pertemuan 10 - Web 3.0 Dalam Mendukung Digital Bisnis

Pertemuan 11 - Sharing Economy - Tugas 3

Pertemuan 12 - Perkembangan Digital Bisnis di Masa Depan

Pertemuan 13 - Otomatisasi Digital - Tugas 4

Pertemuan 14 - Digital Government

Pertemuan 15 - Digital Bisnis Dalam Peningkatan Profit Perusahaan

Pertemuan 16 - UAS  

Posting Komentar