Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru saya dengan cara Berlangganan!

Mengenal Lebih Dekat PAFI Kabupaten Ponorogo

Mengenal Apa Itu PAFI

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau yang biasa di singkat menjadi PAFI, adalah organisasi profesi tempat berhimpun para tenaga ahli farmasi profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia yang sekarang disebut sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK). PAFI dibentuk pada tahun 1946 di Jogjakarta, yang pada awalnya, PAFI dibentuk sebagai komunitas Asisten Apoteker, tetapi saat ini PAFI berevolusi sebagai organisasi profesi farmasi berbasis Tenaga Teknis Kefarmasian (Sarjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi dan Ahli Madya Analis Farmasi) dan Asisten Tenaga Kefarmasian (Lulusan SMK Keahlihan Farmasi dan AA) sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009 dan Undang-Undang No 36 Tahun 2014. Sejak itu PAFI berubah menjadi wadah bagi para ahli farmasi untuk selalu berjuang dalam mempertahankan, meningkatkan, memperoleh dan membela hak azasi Tenaga Teknis Kefarmasian dan Asisten Tenaga Kefarmasian baik sebagai anggota masyarakat, pribadi maupun warga negara. 

Ahli farmasi yang masuk atau tergabung ke dalam PAFI sebagai anggota, tidak hanya bekerja di Rumah Sakit atau Apotek tetapi juga terlibat dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan kebijakan kesehatan. PAFI mengusung semangat profesionalisme dan pengabdian dalam setiap kegiatannya. Yang mana juga sejalan dengan tujuan yang dimiliki oleh PAFI yaitu tujuan yang mulia yang mana sangat mencerminkan komitmennya terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, yaitu:

  1. Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia.
  3. Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia.
  4. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota.

PAFI juga sering melakukan berbagai kegiatan seperti pelatihan, seminar dan workshop untuk meningkatkan kompetensi anggotanya, dengan tujuan agar para ahli farmasi di Indonesia selalu siap menghadapi tantangan di bidang kesehatan yang terus berkembang pesat sejalan dengan perubahan jaman. Karena hal tersebut, membuat PAFI memiliki kantor daerah yang terletak dan tersebar hamper diseluruh daerah di Indonesia, salah satunya yang berada di Kabupaten Ponorogo.

PAFI Kabupaten Ponorogo

Salah satu kantor daerah yang PAFI miliki ada di Kabupaten Ponorogo yang terletak di Jl. Ki Ageng Ratmojo, Karangjati, Grogol, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. PAFI Kabupaten Ponorogo adalah organisasi farmasi yang merupakan anggota PAFI Pusat yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya peran farmasi dalam menjaga kesehatan masyarakat di Indonesia. Yang mana PAFI Kabupaten Ponorogo adalah wadah bagi para ahli farmasi yang berada atau menetap di wilayah Ponorogo untuk berbagi pengetahuan, berkolaborasi dan memberi kontribusi nyata terhadap kemajuan sektor kesehatan.

Sebagai bagian dari organisasi profesi, tentunya salah satu tujuan PAFI Kabupaten Ponorogo adalah memastikan bahwa masyarakat yang berada di Kabupaten Ponorogo mendapatkan akses yang aman dan mudah terhadap obat-obatan yang berkuralitas dan terjangkau. Dengan melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Kabupaten Ponorogo, PAFI Kabupaten Ponorogo berharap dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan, yang mana dapat mengurangi angka penyakit yang bisa menjangkiti masyarakat Kabupaten Ponorogo. Selain itu, PAFI Kabupaten Ponorogo juga terus berusaha untuk lebih memajukkan apoteker yang berada di Kabupaten Ponorogo dengan menyediakan program-program pelatihan dan memperkuat kerjasama dengan instansi pemerintah maupun lembaga terkait lainnya. Dengan kegiatan yang dilakukan para apoteker yang berada di Kabupaten Ponorogo, dapat memperbaharui dan bertukar informasi tentang perkembangan teknologi terbaru di farmasi, serta mengidentifikasi solusi-solusi inovatif untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Ponorogo.

Salah Satu Kegiatan PAFI Kabupaten Ponorogo

Selain itu, PAFI Kabupaten Ponorogo yang mana menjadi bagian dari komunitas farmasi lokal yang peduli dengan masyarakat Kabupaten Ponorogo juga turut berkontribusi dalam kampanye-kampanye kesehatan yang ada di Indonesia contohnya seperti kampanye Imunisasi Dasar Lengkap atau yang biasa disingkat menjadi IDL. 

Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) adalah program vaksinasi yang diberikan kepada bayi dan anak-anak untuk melindungi mereka dari penyakit menular serius. Keuntungan utama dari IDL adalah mendapatkan perlindungan terhadap penyakit-penyakit menular serius yang dapat menyebabkan komplikasi dan bahkan kematian pada anak-anak. Dengan mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) sejak usia dini, membuat system kekebalakn tubuh anak menjadi lebih kuat dalam melawan infeksi. Meskipun begitu, terdapat pula efek samping ringan dari vaksin IDL seperti demam atau nyeri ditempat suntikan atau keluarnya ruam-ruam merah pada bayi dan anak-anak. 

Oleh karena itu PAFI Kabupaten Ponorogo menganjurkan bahwa para orang tua untuk melakukan Imunisasi Dasar Lengkap sejak usia dini, sesuai jadwal yang ditentukan oleh tenaga medis terpercaya kepada anak-anak mereka dikarenakan manfaat yang besar yang dapat melindungi buah hati kita dari ancaman penyakit yang serius. Yang mana PAFI Kabupaten Ponorogo percaya bahwa dengan melakukan vaksin yang mana adalah sebuah cara preventif untuk melindungi anak-anak dari berbagai penyakit terutama penyakit serius seperti Polio, Campak, Difteri dan lainnya, adalah sebuah upaya atau sebuah awal untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh masyarakat Kabupaten Ponorogo.

Pentingnya PAFI Kabupaten Ponorogo

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kabupaten Ponorogo adalah sebuah pilar penting dalam sektor kesehatan di Kabupaten Ponorogo. Dengan totalitas, komitmen serta konsistensi yang kuat untuk meningkatkan kesehatan pada masyarakat Kabupaten Ponorogo dan pembangunan serta kemajuan kesehatan di Kabupaten Ponorogo, PAFI terus berupaya memberikan kontribusi terbaiknya untuk masyarakat Kabupaten Ponorogo. PAFI Kabupaten Ponorogo berharap masyarakat semakin memahami seberapa penting masalah kesehatan terutaman tentang Imunisasi Dasar Lengkap, dimana untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan kunjungi halaman berikut ini: https://pafikabponorogo.org/

Posting Komentar