BLANTERVIO103

Mewujudkan Mimpi Menjadi Peneliti Bersama ASUS VivoBook 15 A516

Mewujudkan Mimpi Menjadi Peneliti Bersama ASUS VivoBook 15 A516
Jumat, 18 Juni 2021

ASUS 15 Inch Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition

Source:www.dewirieka.com

Bicara tentang impian, tak lepas dari namanya sebuah keinginan yang ingin dituju pada setiap diri individu. Untuk mengejar sebuah impian tersebut dibutuhkan perjuangan dan kesabaran yang tinggi. Ketika kita gagal dalam mencapai sebuah impian jangan pernah sekali-kali merasa putus asa, tetap kejarlah impianmu hingga kamu mendapatkannya. Seperti ungkapan

"Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada keindahan impian mereka." - Eleanor Roosevelt.

Source: https://www.asus.com/

Menjalani Proses...

Setiap hari saya terus mengejar dan mewujudkan impian tersebut yaitu membuat sebuah riset yang bermanfaat bagi banyak orang khususnya di bidang Sistem Informasi Geografis (SIG). Untuk mendukung riset tersebut, saya membutuhkan sebuah perangkat kerja yang mendukung juga yaitu sebuah laptop yang mempunyai kapasitas, komponen dan spesifikasi terbaik untuk mengolah data riset.

Setelah mencari-cari dan membandingkan antara laptop satu dengan lainnya, akhirnya saya menemukan sebuah laptop yang memiliki kemampuan luar biasa yaitu ASUS VivoBook 15 A516.

Source: https://www.asus.com/

Dengan spesifikasi yang diberikan oleh ASUS VivoBook 15 A516 saya dapat dengan mudah mengerjakan pengolahan data riset. ASUS VivoBook 15 A516 juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home. Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar yaitu 1TB SATA 5400RPM 2.5" HDD, 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD yang dapat menyimpan semua data riset saya, tanpa harus memikirkan kekurangan area penyimpanan. Selain itu juga, didukung dengan prosesor Intel® Core™ i5 generasi terbaru dan RAM 8GB yang membuat kinerja laptop ASUS VivoBook 15 A516 semakin luar biasa.

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Di tambah lagi dengan adanya kartu grafis diskrit NVIDIA® GeForce® MX330, 2GB GDDR5 dengan layar 15,6 inch Full HD rasio 16:9 dan teknologi Nano Edge serta memiliki 178 degree wide viewing angle. Menjadikan tampilan data visual riset saya semakin jelas dalam proses analisis. 

Karena ASUS dalam membuat dan mengembangkan sebuah produk laptop, melakukan sebuah riset dan survey untuk melihat apa yang diinginkan serta dibutuhkan oleh pengguna. Lebih dari 32 tahun sejak berdirinya ditahun 1989, ASUS telah mempunyai banyak pengalaman dalam mengembangkan sebuah produk laptop. Hingga terciptanya teknologi terkini dan modern yang mereka sematkan pada laptop ASUS VivoBook 15 A516.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

Tidak cukup itu sajaASUS VivoBook 15 A516 juga dilengkapi Backlit Chiclet Keyboard yang menambah mudah saya dalam pengetikan tulisan riset serta dikondisi kurang cahaya sekalipun.

Source: https://www.asus.com/

Dalam pengerjaan riset dibidang SIG saya sering melakukan berpergian baik pertemuan rapat ataupun mendapatkan data lapangan berupa survey Ground Control Point/Titik Kontrol Tanah (GCP). Dengan mobilitas yang tinggi tersebut saya tidak lagi khawatir dengan beban laptop yang berat pada saat dibawa kelapangan. Sebab, ASUS VivoBook 15 A516 hanya memiliki berat 1.80 kg (3.97 lbs) dan sangat ringan dibawa kemanapun pada saat survey lapangan. 

Source: https://www.asus.com/

ASUS VivoBook 15 A516 juga dilengkapi dengan internal protection, HDD protection dan chassis enhancements. Membuat laptop ini semakin tangguh untuk dibawa ke aktifitas outdoor yang rentan terhadap guncangan dan benturan.

Source: https://www.asus.com/

Serta memiliki warna yang stylish yaitu Slate Grey dan Peacock Blue, yang menambah penampilan saya semakin profesional dan menjadi pusat perhatian pada saat rapat. 

Source: https://www.asus.com/

ASUS VivoBook 15 A516 dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion dan memiliki fitur Fingerprint sensor yang menambah laptop ini semakin portable dan simpel digunakan pada saat melakukan riset ataupun aktifitas lainnya.

Source: https://www.asus.com/

Pada saat melakukan pertukaran data ASUS VivoBook 15 A516 telah dilengkapi dengan port USB-C 3.2 yang memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lipat dibandingan USB 2.0. Selain itu juga, disediakannya port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader yang membuat saya lebih mudah menghubungakan laptop ASUS VivoBook 15 A516 ke perangkat lainnya seperti proyektor, handphone atau microSD yang menyimpan foto-foto saat survei lapangan untuk ditampilkan dalam rapat.

Source: https://www.asus.com/

Setelah mendapatkan semua data lapangan dan telah melalui proses analisis data spasial, selanjutnya saya melakukan penulisan artikel. Dalam penulisan artikel ini saya membutuhkan software pengolah kata yaitu Microsoft office. ASUS VivoBook 15 A516 telah dilengkapi dengan software Microsoft office yang menambah saya semakin dimanjakannya dalam menggunakan laptop ASUS VivoBook 15 A516. Karena Asus berkomitmen:

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap - PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Dengan keunggulan produk yang dimiliki oleh laptop ASUS VivoBook 15 A516, mampu mendukung segala riset yang saya kerjakan hingga menghasilkan sebuah pengetahuan baru di bidang SIG. Berkat dukungan teknologi dari laptop ASUS VivoBook 15 A516 itulah, membuat saya semakin bersemangat dan optimis dapat membuat sebuah inovasi riset dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang SIG.

Source: dokumentasi pribadi

Menuai hasil...

Biasanya setelah semua riset selesai saya kerjakan hingga menjadi sebuah artikel ilmiah, saatnya saya mempublikasikan artikel saya dengan mengikuti konferensi karya ilmiah. Untuk mendapatkan informasi mengenai acara konferensi ilmiah saya harus cermat, teliti, dan sabar. Sebab saya harus mempertimbangkan proses dari mulai biaya konferensi ilmiah, jadwal penerimaan abstrak, pengumuman abstrak yang lulus, pengumpulan artikel riset secara lengkap, presentasi artikel hingga penerbitan artikel ilmiah. 

Untuk mendukung itu semua saya membutuhkan koneksi jaringan yang cepat dan stabil saat melakukan pencarian disitus internet. Kendala yang sering saya hadapi saat mencari acara konferensi karya ilmiah di internet yaitu lambatnya konektivitas device laptop ke jaringan internet. Tetapi masalah koneksi jaringan internet tersebut tidak lagi saya khawatirkan, sebab ASUS VivoBook 15 A516 telah dilengkapi konektivitas Wi-Fi 5(802.11ac) yang membuat proses pencarian acara konferensi karya ilmiah semakin cepat dan mudah. 

Serta dengan adanya aplikasi antivirus McAfee yang ada di ASUS VivoBook 15 A516 saya semakin merasa aman saat berselancar di internet. Dengan rasa aman yang diberikan lewat perlindungan antivirus McAfee yang disematkan pada ASUS VivoBook 15 A516 saya tidak perlu khawatir lagi dan memikirkan bahayanya serangan virus ataupun malware yang setiap saat mengancam laptop saya dan bisa jadi merusak file hasil riset saya.

Source:www.mcafee.com


Setelah artikel ilmiah saya dinyatakan diterima dan lulus untuk presentasi oral, disini saya merasa semakin panas dingin. Sebab presentasi oral untuk karya ilmiah saat ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya presentasi oral karya ilmiah dilakukan langsung bertatap muka dengan peserta konferensi, lain halnya dengan tahun ini. 

Dengan adanya wabah virus Covid-19 semua kegiatan presentasi oral karya ilmiah diganti menjadi presentasi secara virtual. Karena untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang semakin hari kasusnya semakin bertambah.

Persiapan presentasi virtual...

Dengan adanya presentasi secara virtual saya sangat membutuhkan sebuah device kamera yang dapat menangkap gambar dengan jernih, agar pada saat presentasi wajah saya dapat terlihat dengan jelas di layar peserta konferensi lainnya. Lagi-lagi saya sangat di untungkan menggunakan laptop ASUS VivoBook 15 A516, karena telah dilengkapinya dengan kamera VGA yang membuat saya semakin percaya diri pada saat presentasi.

ASUS VivoBook 15 A516 juga telah dilengkapi dengan device audio SonicMaster by ICEpower®. Serta adanya fitur built-in speaker dan built-in microphone yang membuat saya lebih mudah melakukan sesi tanya jawab dengan peserta konferensi karya ilmiah lainnya, setelah saya selesai menyampaikan materi artikel ilmiah. 

Melanjutkan mimpi...

Setelah semua proses selesai saya jalani, saatnya menunggu hasil artikel saya terbit di jurnal ilmiah. Kemudian saya melanjutkan kegiatan riset lainnya hingga menjadi seorang peneliti yang berpengaruh di dunia. Khususnya di bidang SIG dan memiliki artikel ilmiah berdampak serta bereputasi baik yang terindex di jurnal nasional maupun internasional seperti Scopus dan Web of Science (WoS).

Source: https://www.asus.com/

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”.
Link: https://www.dewirieka.com/2021/06/asus-bigger-dream-blog-writing-competition.html

Share This Article :
Feri Nugroho

Good understanding using database tools, data visualization, Remote Sensing & GIS Software, Graphic Design, and also understand the programming language PHP and MySQL. Interest on research-based of Conservation, Climate Change, Urban Growth, and Information systems.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 5 komentar:

  1. ASUS memang terdepan. Tak pernah diragukan kemampuannya dalam banyak hal.

    BalasHapus
  2. Laptop yang mumpuni bisa menunjang kreativitas Mas Feri sebagai peneliti ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak Rieka, dengan spek kenceng olah data yang berat jadi ringan

      Hapus
  3. Penelitian butuh banyak data sebagai referensi...cocok kalo pakai laptop layar besar

    BalasHapus
2956655655531813399